Daftar Isi

Entri Populer

Selasa, 10 Januari 2012

MAKALAH BLOGGER


MAKALAH BLOGGER

D
I
S
U
S
U
N

OLEH:


DETI ASTRIA NASUTION















PROGRAM STUDI DIPLOMA IVBIDAN PENDIDIK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
RUMAH SAKIT HAJI MEDAN
2012









DAFTAR ISI

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.1 RASIONAL
1.2 TUJUAN
1.3 MANFAAT

BAB II ISI
2.1 PENGERTIAN BLOGGER
2.2 SIAPA YANG PERTAMA KALI MENGGUNAKAN BLOGGER
2.3 KAPAN BLOGGER PERTAMA KALI DIGUNAKAN
2.4 LANGKAH MEMBUAT BLOGGER
2.5 BAGAIMANA CARA BEKERJA BLOGGER

BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
3.2 SARAN

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Rasional

Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu caranya adalah dengan mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi di kampus. Berbagai penelitian baik di dalam maupun di luar negeri menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media berbasis TIK, dapat meningkatkan kualitas pendidikan, tidak terkecuali blog. Semenjak generasi teknologi ke-tiga datang ke Indonesia, yaitu generasi e-learning, kesadaran akan proses belajar mengajar dengan menggunakan media berbasis TIK semakin besar. Hal ini juga terjadi di dunia perkuliahan kita yaitu teknologi pendidikan UNJ, yang kini hendak beralih ke cara belajar yaitu ’blended learning’ yang merupakan gabungan antara cara belajar offline dan online. Offline berupa tatap-muka di kelas oleh pengajar, sedangkan online berupa chatting, forum diskusi, dan postingan pada blog pada http://tpers.net.
Namun demikian, penerapan ’blended learning’ melalui http://tpers.net di jurusan teknologi pendidikan belum sepenuhnya dapat dilaksanakan, mengingat masih banyaknya para mahasiswa yang belum memahami apa itu blog, cara membuatnya, baik itu penggunaan navigasi, maupun hal lain diluarnya yang turut mendukung jalannya interaksi antarpengguna di blog tersebut. Oleh karena itu, selain perlu ditumbuhkan kesadaran pada mahasiswa akan pentingnya media blog sebagai sarana pembelajaran, dibutuhkan keaktifan para mahasiswa untuk menulis buah pikirannya pada blog yang dibuatnya sendiri ataupun melalui blog komunitas seperti halnya tpers.net untuk para mahasiswa

1.2 Tujuan

Tujuan sebagai berikut:

  1. Menumbuh-kembangkan minat para mahasiswa untuk menulis dan menggunakan blog sebagai salah satu media pembelajaran dalam menunjang perkuliahan
  2. Menunjang kompetensi para mahasiswa untuk ‘aware’ dengan teknologi dan ilmu pengetahuan
1.3 Manfaat
1. Dapat membuat blog secara sederhana, mulai dari mendaftar, menulis, hingga mendesain.
      2. Dapat menggunakan blog sebagai media pembelajaran. 








BAB II
I S I
2.1. Pengertian Blog

            Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri. Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa. Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer adalah http://www.blogger.com , http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.

         Blog kemudian berkembang mencari http://hallopim.multiply.com/photos/hi-res/upload/R1AUnAoKCnIAAFCoOFE1 bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya, atau biasa disebut para blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka, pendapat-pendapat pribadi dan pendapat orang yang kebetulan masuk ke blog tersebut.
              
             Perkembangan lain dari blog yaitu ketika kemudian blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para blogger dengan sengaja mendesain blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.
 
             Blog merupakan situs pribadi. Berbeda dengan website yang setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dan lain-lain, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Otomatisasi ini sangat memudahkan bagi siapapun yang tahu internet untuk dapat membuat blog atau situs pribadi, sama halnya dengan memiliki e-mail. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, pengamat IT, mahasiswa sampai dosen (tpers.net/wp-content/uploads/2008/01/revisi-ta.doc.November 200810.58 AMWIT).


2.2 Siapa yang pertamakali menemukan blogger

               Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu, dan berisi artikel dan atau tulisan apa saja yang layak (bahkan sampai yang tak layakpun) untuk dimasukan kedalam blog serta link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri, bahkan bisa dikomentari oleh siapa saja yang kebetulan mampir ke blog http://hallopim.multiply.com/photos/hi-res/upload/R1AUnAoKCnIAAFCoOFE1 tersebut.
(tpers.net/wp-content/uploads/2008/01/revisi-ta.doc.November 200810.58 AMWIT)

2.3 Kapan blogger pertama kali digunakan

               Blogger pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu, dan berisi artikel dan atau tulisan yang layak sampai yang tidak layak.

2.4 Langkah membuat blogger

Langkah Membuat Blog pada Blogger atau dikenal dengan Blogspot

1. Ketik http://www.blogger.com pada address bar.
Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :
  2. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CREATE YOUR BLOG NOW " Akan muncul sebuah halaman berisi form seperti form pendaftaran e-mail. Isi semua kolom yang ada, dan klik Continue. Lengkapi semua kolom di halaman berikutnya hingga selesai.
  3. Isilah email Addres dengan alamat email anda (tentunya yang valid)
4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Enter password
                  5. Isikan kembali password anda tadi pada form Retype password                  6. Isi Display name dengan nama yang ingin anda tampilkan
7. Tulis tulisan yang tertera pada form Word Verification. Beri tanda tik pada kotak di pinggir tulisan I accept the Terms of Service.
8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan " CONTINUE "
9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Blog title
10. Tulis nama situs anda pada form blog addres (URL)
11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Word Verification, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan " CONTINUE ".
12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "CONTINUE"
                  13. Setelah keluar tulisan "your blog has been created". Klik gambar panah         bertuliskan "START POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "publish".
2.5 Bagaimana cara kerja blogger
 
No
Duties
Task
1
Membuat account di salah satu blog (contoh: Multiply)
Mendaftarkan nama blog yang diinginkan (contoh: http://nama.multiply.com)
Mengisi dan melengkapi data diri yang dibutuhkan
Melakukan verifikasi dari email untuk mengaktifkan blog yang dibuat
Mampu masuk ke blog tersebut (sign in) dan keluar dari blog tersebut (sign off)
2
Mengenal fitur-fitur yang disediakan pada blog tersebut
Mengingat fasilitas yang ada dan kegunaannya (posting tulisan, gambar, video, lagu, dsb)
3
Memposting tulisan pada blog
Menggunakan tag posting untuk memposting tulisan
Menuliskan judul pada kolom judul saat akan memposting tulisan
Meletakkan isi tulisan /artikel pada tempat yang telah disediakan
Menggunakan fasilitas yang dapat mengubah bentuk huruf menjadi bold, italic, dan underline
Menggunakan fasilitas untuk mengubah paragraf, memberikan link pada kata tertentu.
Menggunakan fasilitas untuk memposting langsung ataupun menyimpannya sebagai draft tulisan.
Menyisipkan gambar pada tulisan yang telah dibuat.
Menggunakan fasilitas untuk menambahkan attachment (file) lain pada tulisan.
4
Memposting gambar pada blog
Menggunakan tag posting gambar untuk memposting gambar pada blog.
Menuliskan judul album gambar/ photo yang hendak dibuat pada kolom yang telah disediakan
Menyusun gamabr pada album sehingga mudah dilihat.
Memberikan deskripsi pada gambar yang akan diupload
Menggunakan tombol navigasi untuk mengupload gambar
Mengatur settingan publikasi dan akses pengunjung blog yang dapat melihat gambar tersebut.
Mempublikasikan gambar tersebut pada blog.
5
Membuat desain theme/template sendiri
Menggunakan tag setting blog dan pemilihan layout dan theme yang tersedia pada blog tersebut.
Memilih template yang dinginkan
Menggunakan tombol navigasi untuk menerapkan template tersebut
Memilih layout yang dinginkan
Menggunakan tombol navigasi untuk menerapkan layout tersebut
Mencoba membuat desain sendiri menggunakan CSS
Menggunakan tombol navigasi pada blog untuk mengupload desain theme tersebut
Mempublikasikan theme sesuai layout yang diinginkan pada blog.
6.
Membuat link dan tag
Mengenal tombol navigasi pembuat link dan tag pada blog
Menggunakan tombol navigasi pembuat link dan tag pada blog
Membuat tag sesuai kategori tulisan yang diinginkan
Membuat link pada halaman lain, atau website lain menggunakan tombol navigasi yang ada.
Mengaplikasikan penggunaan link dan tag pada blog yang dipublikasikan
7.
Mempublikasikan blog kepada masyarakat luas
Membuat keyword untuk judul blog yang telah dibuat agar mudah dikenali mesin search engine seperti Google.
Mempublikasikan/upload blog yang telah jadi ke dunia maya (termasuk hit counter yang telah dibuat)
Mendaftarkan blog yang telah dibuat ke mesin pencari Google
Mempromosikan blog dimulai dari lingkungan sendiri ataupun dengan aktif menulis dan ikut dalam forum komunitas blogger.
.




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan 

              Dari hasil yang dibahas maka dapat disimpulkan bahwa Blogger merupakan suatu situs yang bersifat pribadi yang menggambarkan diri dari orang yang membuatnya.

3.2 Saran

             Dari kesimpulan diatas maka diharapkan bagi pengguna blogger agar tidak terlalu memberikan informasi yang sejujur – jujurnya tentang diri sendiri karena selain dapat menguntungkan juga dapat merigikan diri sendiri. 





DAFTAR PUSTAKA


tpers.net/wp-content/uploads/2008/01/revisi-ta.doc.November 200810.58 AMWIT






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.